
Jakarta - PT
Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) dan PT Blue Bird Tbk. terus
memperkuat kerja sama strategis yang telah terjalin sejak 2011. Kolaborasi ini
bertujuan untuk menghadirkan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan
perbankan digital serta meningkatkan efisiensi transaksi bagi para pengemudi
Blue Bird.
Sebagai mitra perjalanan terpercaya
masyarakat, para pengemudi Blue Bird semakin memanfaatkan layanan perbankan
BRI. Hal ini tercermin dari peningkatan penggunaan rekening BRI oleh pengemudi
yang mencapai lebih dari 100% secara year-on-year (YoY). Salah
satu produk unggulan dalam kerja sama ini adalah Tabungan BRI BritAma Driver
Blue Bird, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan finansial para mitra
pengemudi.
Melalui kolaborasi ini, pengemudi Blue Bird
dapat menikmati berbagai kemudahan transaksi digital melalui BRImo, seperti top-up
saldo BRIZZI yang lebih cepat, setor tunai dan tarik tunai tanpa kartu di ATM
BRI, serta pembayaran praktis menggunakan QRIS. Hingga akhir Desember 2024,
jumlah pengguna Super Apps BRImo tumbuh 22,12% YoY menjadi 38,61
juta user, dengan volume transaksi yang diproses melalui BRImo naik
34,57% YoY menjadi sebesar Rp5.596 triliun.
Direktur Retail Funding and Distribution
BRI Andrijanto menyampaikan bahwa kerja sama ini terus berkembang dalam
menyediakan layanan keuangan bagi para pengemudi Blue Bird dan ekosistemnya.
“Sebagai bank dengan jaringan terluas, BRI bersama Blue Bird memberikan
kemudahan transaksi, meningkatkan efisiensi keuangan, serta manfaat lebih luas
bagi para pengemudi dan pool Blue Bird yang telah mempercayakan rekening
BRI sebagai rekening penerimaan penghasilan,” ujarnya.
Untuk mendukung ekosistem Blue Bird, BRI
menyediakan layanan seperti rekening Tabungan BritAma dan super app
BRImo dengan free asuransi kecelakaan diri serta biaya administrasi
tabungan khusus, penempatan mesin ATM dan CRM di pool Blue Bird, BRIVA
untuk layanan setoran tunai dan tarik tunai, serta layanan API Disbursement
guna memastikan kelancaran penerimaan penghasilan bagi para pengemudi. Selain
itu, Blue Bird Group juga memanfaatkan QLOLA sebagai Integrated Corporate
Solution Platform untuk mempermudah aktivitas bisnis perusahaan.
Sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan yang
diberikan, BRI menghadirkan Program Racing Disbursement, yang telah
berlangsung sejak Oktober 2024 hingga Januari 2025. “Kami melihat antusiasme
tinggi dari para pengemudi Blue Bird dalam memanfaatkan layanan BRI.
Kepercayaan ini menjadi bukti nyata bahwa inovasi keuangan yang kami hadirkan
memberikan solusi yang berdampak positif,” tambah Andrijanto.
Pada kesempatan itu, BRI dengan bangga
memberikan penghargaan kepada pool dan pengemudi Blue Bird yang
menunjukkan komitmen luar biasa dalam pemanfaatan rekening BRI. Kolaborasi ini
juga sejalan dengan komitmen BRI dalam mendorong inklusi keuangan dan
digitalisasi bagi berbagai sektor, termasuk transportasi. Dengan jaringan
layanan yang luas, berbagai fitur perbankan digital seperti BRImo, BRIZZI, dan
layanan BritAma, serta ekosistem finansial yang terus berkembang, BRI
berkomitmen untuk terus mendukung mitra-mitra strategis seperti Blue Bird dalam
menghadirkan solusi keuangan yang lebih efektif dan efisien.
Keywords:
BRI, BBRI, Blue Bird, Layanan Keuangan, Kerja Sama