
Jakarta – Papua Global Spices,
salah satu UMKM binaan BRI yang berasal dari Fakfak, Papua Barat, sukses
menembus pasar internasional melalui berbagai pameran dan program pemberdayaan
yang diinisiasi oleh BRI.
Keikutsertaan Papua Global Spices dalam
berbagai acara nasional maupun internasional, termasuk di China, telah membuka
peluang lebih besar bagi bisnis ini untuk berkembang. Melalui pameran tersebut,
mereka mendapatkan akses ke calon pembeli baru yang berpotensi meningkatkan
skala usahanya.
“Kami sangat bersyukur atas kesempatan ini.
Dengan dukungan dari BRI, kami bisa memperkenalkan produk rempah khas Indonesia
ke pasar global. Ini menjadi langkah besar bagi kami untuk terus berkembang,”
ujar perwakilan Papua Global Spices.
Sebagai agent of development, BRI tidak
hanya menyediakan akses permodalan bagi pengusaha UMKM, tetapi juga ekosistem
pemberdayaan yang komprehensif, seperti program Klasterku Hidupku, Rumah BUMN,
dan LinkUMKM. Sebagai informasi, hingga akhir 2024 BRI telah membina lebih dari
38.574 klaster usaha, menjangkau lebih dari 433 ribu pengusaha UMKM melalui 54
Rumah BUMN, serta menghubungkan 10,6 juta user dalam platform LinkUMKM.
Selain itu, melalui Holding Ultra Mikro yang
terdiri dari BRI, Pegadaian, dan PNM, layanan keuangan yang terintegrasi mampu
melayani lebih dari 183 juta nasabah simpanan dan 35,9 juta debitur dengan
total penyaluran kredit mencapai Rp626,6 triliun.
Terkait dengan keberhasilan Papua Global
Spices, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menyatakan bahwa pencapaian ini
menunjukkan potensi besar pengusaha usaha kecil Indonesia untuk bersaing di tingkat
internasional.
“Keberhasilan UMKM dalam menembus pasar global
menunjukkan bahwa pengusaha usaha kecil Indonesia memiliki potensi besar untuk
bersaing di tingkat internasional. BRI akan terus memberikan dukungan, baik
dalam hal permodalan maupun pembinaan, agar semakin banyak UMKM yang dapat naik
kelas,” ujarnya.
Lebih lanjut, bagi para pengusaha UMKM yang
ingin meniti jalan menuju kesuksesan, pendiri Papua Global Spices menekankan
tiga kunci utama: kerja keras, keberanian dalam melangkah, dan kejujuran.
Semangat ini sejalan dengan komitmen BRI dalam mengembangkan UMKM agar mampu
berkontribusi terhadap perekonomian nasional dan kesejahteraan masyarakat.
Ke depan, BRI akan terus mendukung UMKM
Indonesia agar semakin kompetitif di pasar global dengan menyediakan berbagai
program pembinaan dan pendampingan yang berkelanjutan. Hal ini merupakan bagian
dari strategi BRI dalam memperkuat ekonomi kerakyatan serta mewujudkan inklusi
keuangan yang lebih luas di Tanah Air.