
Brand Value Meningkat Tajam, BRI Jadi Merek No.1 di Indonesia dan Urutan 323
Dunia dalam Daftar Brand Finance Global 500 2025
Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
(BRI) kembali mencatat pencapaian gemilang dengan meningkatnya nilai merek (brand
value) dalam laporan Brand Finance Global 500 2025. Pada laporan tersebut, BRI menjadi yang tertinggi
atau berada pada urutan pertama di Indonesia dan menduduki peringkat 323
diantara 500 perusahaan dengan brand value paling berharga di dunia.
Laporan tersebut menyebutkan
BRI mengalami peningkatan peringkat secara pesat dari peringkat 446 pada 2024
menjadi posisi 323 di tahun ini. Brand value BRI tercatat lebih tinggi
dibandingkan dengan merek-merek yang mendunia seperti Prudential, Manulife,
Credit Agricole, Yahoo! Group, Jeep, Pfizer, Nokia, Prada, dan merek dunia
lainnya. Sementara itu, hanya terdapat 2 perusahaan dari Indonesia yang
berhasil masuk dalam daftar tersebut dengan BRI menduduki peringkat tertinggi.
“Riset Brand Finance terus
menunjukkan bahwa merek yang dikelola dengan baik menghasilkan value yang terukur, menjadikan diferensiasi bagi perusahaan untuk bersaing di pasar yang
kompetitif dan menarik pelanggan setia. Lebih
dari itu,
merek yang kuat juga mendorong akuisisi talenta, meningkatkan kepercayaan investor dan
membangun resiliensi di masa ketidakpastian,” tulis
Chairman & CEO Brand Finance David Haigh dalam laporannya.
Riset ini dilakukan terhadap lebih dari 175.000
responden di 31 negara yang mengukur kepercayaan dan loyalitas pelanggan
terhadap merek.
Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa perseroan sangat
bangga dan bersyukur atas pencapaian BRI dalam Brand Finance
Global 500 2025, yang mencerminkan kekuatan merek dan kepercayaan masyarakat
terhadap produk dan layanan BRI.
“Peningkatan brand value BRI dari tahun ke tahun dan
merupakan yang terbaik di Indonesia adalah bukti nyata dari komitmen BRI dalam memberikan kinerja finansial terbaik, produk dan layanan terbaik
dan disaat bersamaan memperkuat inklusi keuangan bagi seluruh lapisan
masyarakat,” ujar Sunarso.
Sunarso pun menegaskan BRI akan terus bertransformasi agar dapat
beradaptasi dengan perubahan zaman. “Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja
keras seluruh insan BRI dalam menjalankan strategi bisnis yang berorientasi
pada pertumbuhan berkelanjutan, serta dukungan penuh dari para nasabah utamanya
pelaku UMKM, pemegang saham, dan seluruh pemangku kepentingan. Kami percaya
bahwa merek yang kuat bukan hanya tentang aspek finansial semata, namun
juga tentang dampak positif yang diberikan kepada masyarakat,” pungkas Sunarso.