
Masa orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang telah dimulai sejak 2 Mei 2025 hingga 14 Mei 2025 mendatang, diikuti oleh 70 orang CPNS yang berasal dari berbagai penjuru tanah air.
Kegiatan orientasi CPNS diisi dengan pembekalan materi dari Tim Kerja Manajemen SDM Kemenko Perekonomian, serta dari seluruh kedeputian, inspektorat, dan biro yang ada di Kemenko Perekonomian.
Staf Ahli Bidang Pembangunan Daerah sekaligus Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto selaku Plt. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan (KLIP) yang mengisi materi pada hari Jumat (9/05), mengenalkan tugas, fungsi, dan ruang lingkup kerja di Biro KLIP serta memberikan arahan terkait menjaga tingkah laku dan komunikasi publik yang baik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).
“Pertama saya ucapkan selamat datang di ASN, khususnya selamat datang di Kemenko Perekonomian. Begitu kalian masuk jadi ASN, segala gaya, sikap, ucapan, tingkah laku, baik itu yang fisik maupun yang di media sosial, itu harus berubah. Kalian membawa nama baik keluarga, institusi, dan negara. Itu perlu juga di komunikasi publik. Semua harus membawa dirinya sebagai komunikator, baik langsung maupun tidak langsung. Jadi ada perubahan yang sangat besar,” tutur Staf Ahli Haryo.
Biro KLIP sendiri mempunyai tugas diantaranya yaitu penyusunan, perumusan, dan pelaksanaan manajemen di bidang strategi, publikasi, pelaksanaan komunikasi layanan publik, dukungan koordinasi penyiapan, harmonisasi, dan dokumentasi naskah pimpinan, serta penyiapan dan pelaksanaan persidangan di lingkungan Kemenko Perekonomian.
Staf Ahli Haryo mengatakan bahwa Kemenko Perekonomian melalui Biro KLIP juga senantiasa melakukan diseminasi kebijakan Pemerintah melalui beberapa kegiatan diantaranya yaitu media briefing, Ekon Goes to Campus, serta kunjungan mahasiswa ke Kantor Kemenko Perekonomian.
Saat ini komunikasi publik Pemerintah menjadi perhatian Presiden Prabowo Subianto dan masyarakat umum, sehingga setiap instansi dituntut tidak hanya punya kinerja yang baik, namun juga kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat sebagai bagian dari pelayanan publik. “Semoga kalian semua menjadi generasi penerus yang lebih baik. Lebih komunikatif sebagai ASN yang bertanggung jawab dan dapat memberikan kontribusi kepada negara serta memberikan manfaat kepada masyarakat,” pungkas Staf Ahli Haryo.