Breaking News :
KanalLogoLogo
Minggu, 25 Mei 2025

Pemerintahan

Pemkot Malang Raih Predikat Pelayanan Prima dari KemenPANRB

Ima KarimahSelasa, 20 Mei 2025 19:55 WIB
Pemkot Malang Raih Predikat Pelayanan Prima dari KemenPANRB

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mewakili Wali Kota Malang menerima penghargaan dari Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN RB Otok Kuswandaru

ratecard

JAKARTA - Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik kembali membuahkan hasil. Pada Senin (20/5), Pemkot Malang dianugerahi predikat ‘Pelayanan Prima’ oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) RI dalam ajang Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP)

Piagam penghargaan ini diserahkan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN RB Otok Kuswandaru, dan diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mewakili Wali Kota Malang.

Predikat ‘Pelayanan Prima’ atau sangat baik ini diterima Pemkot Malang dengan nilai Indeks Pelayanan Publik (IPP) 4.57 dan kategori A. Tiga instansi di bawah Pemkot Malang yang meraih nilai pelayanan prima yakni Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) dengan nilai 4,55, RSUD Kota Malang dengan nilai 4,69, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dengan nilai 4,73.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni menyebutkan, prestasi ini juga menjadi bukti sinergitas dan kolaborasi apik yang dilakukan antar perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang dalam membangun sistem pelayanan publik yang terintegrasi dengan baik. “Ini sangat membanggakan. Ini menunjukkan bagaimana perangkat daerah saling terhubung dan bersinergi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Meski telah meraih penghargaan tertinggi, Ida menegaskan Pemkot Malang tidak akan berhenti berbenah. Ia berharap apresiasi ini menjadi pemicu semangat bagi para ASN untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan. “Pelayanan publik tidak boleh stagnan. Kita harus terus memberikan pelayanan yang membuat masyarakat merasa puas dan bahagia,” tambahnya.

Raihan prestasi membanggakan ini pun mendapat apresiasi dari Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat. Ditemui secara terpisah, Wali Kota Malang mengungkapkan predikat ‘Pelayanan Prima’ yang disematkan kepada Kota Malang ini menjadi bukti penyelenggaraan pelayanan publik yang baik.

“Ini menjadi bukti bahwa penyelenggaraan pelayanan publik yang ideal menjadi prioritas utama jajaran Pemkot Malang. Hal ini selaras dengan misi pembangunan Kota Malang untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan serta pelayanan publik yang efisien dan sinergis, yang terealisasi dalam Dasa Bakti Unggulan,” tuturnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang tersebut berpesan kepada jajarannya agar pencapaian ini tidak menjadikan lengah dan lekas berpuas diri, akan tetapi sebaliknya menjadi motivasi yang kuat untuk meningkatkan kinerja dan komitmen untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi pada seluruh jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang. Tentunya, pencapaian ini tentu tidak lepas dari kerja keras, sinergitas serta kolaborasi yang baik dari semuapihak,” tutupnya. 

Pilihan Untukmu