
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menegaskan
komitmennya dalam menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good
Corporate Governance / GCG). Hal ini dibuktikan dengan diraihnya
penghargaan prestisius sekaligus dalam ajang ASEAN Corporate Governance
Scorecard (ACGS) 2024, yaitu sebagai TOP 5 Public Listed Companies (PLC)
Indonesia dan ASEAN Asset Class PLC.
Penghargaan tersebut
diberikan dalam acara Corporate Governance Conference and Awards yang
diselenggarakan oleh ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) dan Minority
Shareholders Watch Group (MSWG) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (24/7).
ASEAN Corporate Governance
Scorecard merupakan inisiatif regional yang memberikan penilaian independen
terhadap implementasi tata kelola perusahaan publik di negara-negara ASEAN.
Pada tahun ini, proses penilaian dilakukan terhadap 569 perusahaan publik dengan
kapitalisasi pasar besar di kawasan ASEAN. Penilaian dilakukan secara ketat
dengan metodologi terstandarisasi yang disepakati oleh seluruh regulator pasar
modal di ASEAN.
Penghargaan ini diberikan
kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai unggul dalam aspek transparansi,
akuntabilitas, serta penerapan standar tata kelola yang tinggi. ACGS juga
mendorong perusahaan untuk terus menyelaraskan kerangka kerja tata kelola dengan
praktik terbaik di akui di level ASEAN.
Direktur Human Capital
& Compliance BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto menyampaikan apresiasinya
atas capaian ini. Menurutnya, penghargaan tersebut menjadi pengakuan atas
konsistensi BRI dalam menanamkan nilai-nilai GCG pada setiap proses bisnis
perusahaan.
“BRI secara konsisten
memastikan penerapan GCG yang terintegrasi dan berkelanjutan di seluruh lini
organisasi, mulai dari Dewan Komisaris, Direksi, hingga seluruh Insan BRILian.
Hal ini menjadi landasan penting bagi BRI untuk terus tumbuh secara berkelanjutan,
memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan, serta memperkuat
kontribusi kami terhadap perekonomian nasional,” ujar Solichin.
Solichin menambahkan bahwa
BRI akan terus mengakselerasi penguatan tata kelola perusahaan sesuai standar (best
practice) di tingkat nasional, regional maupun internasional. Dengan tata
kelola yang kokoh, BRI berkomitmen untuk menjadi institusi keuangan yang andal,
transparan, dan berorientasi pada keberlanjutan jangka panjang.