
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengaktifkan kembali rekening dormant (tidak aktif) secara digital melalui super apps BRImo. Dengan fitur baru ini, proses reaktivasi dapat dilakukan dengan cepat, gratis, dan tanpa kewajiban setoran dengan nominal tertentu.
Bagi nasabah yang lebih nyaman datang langsung,
layanan reaktivasi rekening dormant juga tersedia di kantor BRI terdekat
dengan membawa dokumen identitas diri serta bukti kepemilikan rekening. Setelah
itu, nasabah hanya perlu melakukan transaksi, baik setor tunai, pemindahbukuan,
maupun tarik tunai untuk mengaktifkan kembali rekening tersebut.
Jika berstatus dormant, rekening memang tetap bisa menerima transaksi transfer
masuk. Namun, hal tersebut tidak membuat status rekening menjadi aktif.
Rekening dormant tidak dapat digunakan oleh nasabah untuk transaksi
pendebetan seperti penarikan tunai, transfer, maupun pembelanjaan di merchant. Untuk itu, perlu dilakukan
aktivasi ulang untuk rekening dormant, baik secara langsung di BRImo maupun di
unit kerja BRI.
Adapun, dalam mencegah rekening menjadi dormant, nasabah disarankan melakukan
transaksi secara rutin, baik melalui super
apps BRImo maupun kanal layanan BRI lainnya yang telah menyediakan solusi
berbagai kebutuhan finansial.
Terkait dengan hal tersebut, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy
Bernadi menjelaskan bahwa BRI terus mengedukasi nasabah untuk menggunakan
layanan perbankan secara tepat dan aman, antara lain dengan tetap aktif
bertransaksi dan memonitor rekening miliknya, serta tidak menyalahgunakan
rekening untuk tujuan yang melanggar hukum.
“Meskipun rekening dormant, BRI memastikan dana dan rekening nasabah tetap aman. Meski
begitu, nasabah diharapkan untuk selalu memperbarui data kontak agar dapat
menerima notifikasi secara tepat waktu dan menjaga komunikasi dengan pihak bank,”
pungkas Hendy.
Cara
Mengaktifkan Kembali Rekening Dormant
(Tidak Aktif)
Untuk mengaktifkan kembali rekening BRI yang
berstatus dormant, dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa cara
sebagai berikut:
- Melalui Super Apps BRImo (online)
- Login ke BRImo (minimal versi 2.87.0)
- Di dashboard Home,
pilih menu “Semua Tabunganmu”
- Pilih rekening dengan keterangan ”Rekening Tidak Aktif”, dan Pilih “Aktifkan Sekarang”.
- Selanjutnya, masukkan PIN
untuk memulai proses aktivasi, kemudian masukkan kode OTP untuk verifikasi data.
- Ikuti instruksi untuk scan
KTP dan verifikasi wajah
sebagai bagian dari rangkaian proses e-KYC.
- Setelah proses verifikasi e-KYC berhasil, nasabah dapat
melanjutkan aktivasi rekening dengan melakukan top up saldo ke rekening tersebut untuk mengaktifkan
kembali.
- Setelah transaksi berhasil, rekening akan aktif kembali.
2.
Apabila
tidak memiliki BRImo, Nasabah cukup mendatangi Kantor Cabang BRI terdekat
dengan membawa dokumen identitas diri dan bukti kepemilikan rekening.
3.
Untuk
mengetahui status rekening, nasabah dapat menghubungi Contact BRI di 1500017.
Petugas akan memberikan panduan lebih lanjut terkait proses aktivasi di Kantor
Cabang BRI terdekat.