
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2025 sebagai wujud apresiasi kepada nasabah atas kepercayaan serta loyalitas yang telah diberikan kepada BRI. Perayaan ini menjadi momentum untuk menegaskan kembali komitmen BRI dalam menghadirkan layanan keuangan yang mampu menjawab kebutuhan nasabah yang terus berkembang.
Selaras dengan tema HPN 2025 yaitu ThinkCustomer,
BRI memastikan setiap inisiatif diarahkan untuk menghadirkan layanan yang
relevan dan memberi nilai tambah bagi nasabah. Komitmen ini diwujudkan melalui
perluasan jangkauan, penyempurnaan proses di berbagai lini operasional.
Direktur Utama BRI Hery Gunardi menyampaikan
apresiasi dan terima kasihnya kepada nasabah setia BRI.
“Pada Hari Pelanggan Nasional ini kami mengucapkan terima kasih atas
kepercayaan dan loyalitas nasabah kepada BRI. Nasabah telah menjadi bagian
penting dalam milestone BRI sebagai
bank yang melayani rakyat hingga pelosok negeri. Komitmen BRI dalam memberikan one stop solution bagi nasabah mendorong
kami terus berinovasi dalam memberikan customer
experience yang lebih baik,” ujarnya.
Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan
Nasional 2025, jajaran Direksi BRI serentak melaksanakan kunjungan ke beberapa kantor
cabang (Branch Office) di Indonesia untuk menyapa langsung nasabah dan
menyampaikan apresiasi. Direktur
Utama BRI Hery Gunardi menyapa langsung nasabah di Branch Office BRI
Kelapa Gading dan Wakil Direktur Utama BRI Agus Noorsanto hadir di
Branch Office BRI Bandung Asia Afrika. Di samping itu, jajaran Direksi BRI
lain juga turut hadir langsung menyapa nasabah di berbagai daerah, selain di
area Jabodetabek, daerah lain yang dikunjungi diantaranya adalah Surabaya,
Malang, Semarang, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Lampung.
Momentum Hari Pelanggan Nasional menjadi pengingat bagi BRI untuk
terus menempatkan nasabah sebagai pusat dari setiap inovasi. Salah satu
bukti nyata keberhasilan inovasi BRI yakni keberadaan super apps BRImo
yang saat ini menjadi kanal utama layanan keuangan digital BRI yang menyediakan
fitur lengkap dan terintegrasi. Hal tersebut tercermin dari capaian BRImo
hingga akhir Juni 2025 yang mencatat pertumbuhan impresif dengan jumlah
pengguna meningkat 21,2% secara tahunan (yoy) menjadi 42,7 juta user serta
volume transaksi tumbuh 25,5% yoy mencapai Rp3.231,7 triliun.
Baca Juga : XLSMART Gelar EcoFusion Sustainability Week
BRImo merupakan super app yang mampu
menjawab berbagai kebutuhan transaksi harian nasabah seperti pembayaran QRIS,
transfer antarbank, serta pembelian produk investasi seperti Surat Berharga
Negara (SBN) dan reksa dana. Kini, BRImo tidak hanya hadir sebagai super apps, tetapi juga sebagai lifestyle platform yang relevan dengan
kebutuhan masyarakat.
Selain itu, QLola by BRI merupakan bagian dari
transformasi strategis BRI menuju model universal
banking dalam mendukung kebutuhan bisnis yang semakin kompleks. Nasabah
diberikan kemudahan untuk memantau dan mengunduh laporan keuangan secara
langsung melalui fitur real-time report
dan account statement yang dapat
diakses kapan saja. BRI akan terus mengembangkan dan memperluas jangkauan
QLola, sehingga mampu memberikan solusi end-to-end
yang menjawab kebutuhan korporasi secara menyeluruh.
Hingga Juni
2025, QLola by BRI sendiri telah membukukan volume transaksi Rp5.970 triliun,
tumbuh 36,8% yoy. Pertumbuhan ini terjadi pada segmen wholesale maupun non-wholesale,
dengan lebih dari 75.000 klien baru, sehingga total pengguna QLola by BRI
mencapai 258 ribu atau meningkat 41,09% yoy.
Selain itu, untuk memberikan kemudahan bagi
nasabah, BRI juga menghadirkan virtual
assistant berbasis AI yaitu Sabrina sebagai chatbot yang responsif dan mudah diakses. Nasabah dapat
berinteraksi dengan Sabrina melalui WhatsApp di nomor 0812 1214 017 untuk
memperoleh informasi terkait produk dan layanan BRI. Melalui layanan ini,
nasabah dapat dengan mudah menemukan lokasi kantor BRI, ATM dan AgenBRILink
terdekat, serta memperoleh rekomendasi merchant
BRI. Nasabah juga dapat melakukan pengecekan mutasi rekening dan saldo melalui Chat Banking, serta menyampaikan
pengaduan yang dapat dilacak proses penyelesaiannya.
Hery Gunardi menambahkan bahwa BRI terus
meningkatkan kualitas pelayanan sejalan dengan ekspektasi nasabah yang terus
berkembang. “Kami percaya, mendengarkan, memahami kebutuhan, dan menghadirkan
solusi yang lebih relevan bagi nasabah adalah kunci keberhasilan, terutama di
tengah perubahan zaman yang semakin cepat. Sebagai Banknya Rakyat Indonesia,
kami berharap BRI selalu menjadi pilihan utama nasabah, sehingga bersama-sama
dapat membangun ekonomi rakyat yang semakin kuat,” pungkas Hery Gunardi.
Sebagai informasi, nasabah dapat merayakan Hari
Pelanggan Nasional 2025 bersama BRI melalui beragam promo dan penawaran menarik
di berbagai merchant yang bekerjasama dengan BRI. Adapun informasi terkait
promo spesial BRI pada Hari Pelanggan Nasional tersebut dapat diakses pada
bbri.id/hpn25