
Bengkulu – AgenBRILink terus menjadi andalan masyarakat dalam mengakses layanan keuangan di tingkat lokal. Salah satunya AgenBRILink LQQ di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Arga Makmur, Bengkulu Utara yang telah menjadi pusat transaksi keuangan warga sekaligus mitra bagi koperasi-koperasi di sekitarnya.
Meski
baru dua tahun resmi beroperasi, sejak 16 Agustus 2023, AgenBRILink LQQ milik
Ujang Mahmudi menunjukkan perkembangan yang pesat. Berawal dari melayani
masyarakat dengan sarana seadanya di sebuah container box, kini Ujang
mampu membangun sebuah ruko yang lebih nyaman dan aman bagi nasabah.
“Alasan
membuka usaha jadi AgenBRILink ya karena ingin mempermudah masyarakat di sini yang
rata-rata pedagang pasar. Mereka itu kan butuh transaksi cepat, mudah, aman. Selain itu, untuk saya saat buka AgenBRILink,
tentu ingin ada sumber pendapatan tambahan lainnya,” jelas Ujang.
Layanan
transaksi yang disediakannya pun beragam, mulai dari setoran, tarik tunai,
pembayaran tagihan rutin, hingga pencairan dana dengan nilai transaksi yang
bisa mencapai ratusan juta rupiah per hari. Tak heran, selain banyak individu
datang ke tempatnya untuk bertransaksi, sejumlah koperasi juga kerap memanfaatkan
layanan ini untuk melakukan setoran dan pembayaran tagihan bulanan rutin.
Mereka bahkan turut mengarahkan anggotanya untuk melakukan pencairan maupun
penarikan dana melalui AgenBRILink milik Ujang.
Alhasil,
ramainya aktivitas dari masyarakat maupun koperasi itu pun membuat AgenBRILink
LQQ nyaris tak pernah sepi setiap harinya. Namun, bagi Ujang, kondisi tersebut
bukan beban, justru jadi peluang untuk memberi manfaat lebih luas bagi
lingkungan sekitar. Alih-alih kewalahan, ia pun memilih untuk memberdayakan
empat pemuda setempat untuk bekerja sebagai kasir bergantian, dimana dua orang
melayani nasabah pada shift pagi hingga siang hari, sementara dua
lainnya bertugas pada sore hingga malam hari.
Menurutnya,
pola kerja ini bukan hanya memastikan layanan tersedia sepanjang hari, tetapi
juga menjadi cara sederhana untuk membuka lapangan kerja bagi anak-anak muda di
sekitarnya. “Sebagian dari mereka adalah mahasiswa yang memanfaatkan waktu
luang di sela kuliah untuk bekerja sebagai kasir. Hal ini menjadi cara kami
untuk bisa membantu warga sekitar dan menciptakan lapangan kerja,” ucap Ujang.
Secara
terpisah, Corporate Secretary BRI Dhanny menegaskan bahwa AgenBRILink
hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan keuangan, lantaran
salah satu kekuatan utama BRI adalah menjangkau lapisan masyarakat luas hingga
pelosok negeri. “Melalui inisiatif ini, BRI terus memperkuat komitmennya
menghadirkan layanan keuangan yang inklusif dan merata, sejalan dengan upaya
mendorong literasi dan inklusi keuangan nasional,” ujar Dhanny.
Tercatat,
hingga Agustus 2025, lebih dari 1 juta agen tersebar di 66.691 desa, atau
setara 80,96% dari total desa di Indonesia. Adapun volume transaksi masyarakat
melalui AgenBRILink telah mencapai Rp1.145,22 triliun.