
Jakarta – Berbagai inisiatif dilakukan
dalam mendukung Asta Cita Pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup
masyarakat melalui akses layanan kesehatan yang terjangkau dan merata. Salah
satu kontribusi nyata dalam meningkatkan kesehatan masyarakat adalah melalui
BRI Peduli selaku payung dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
(TJSL) yang menyelenggarakan Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis kepada
masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia.
Dalam kegiatan
ini, sebanyak 13.200 warga masyarakat ditargetkan mendapatkan layanan kesehatan
gratis yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan periode
pelaksanaan 3 s.d 4 Maret 2025.
Masyarakat
khususnya para lansia mendatangi 52 (lima puluh dua) Kantor BRI yang telah
ditentukan dan langsung mendapatkan pelayanan dari petugas kesehatan. Layanan
kesehatan yang dilakukan antara lain pemeriksaan tensi darah, kolesterol, gula
darah, asam urat, konsultasi dokter secara langsung serta pemberian obat sesuai
dengan hasil test.
Terkait dengan
hal tersebut, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa
layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat ini merupakan salah satu
kontribusi nyata BRI dalam mendukung Asta Cita pemerintah, khususnya untuk mewujudkan
kualitas hidup manusia Indonesia yang lebih baik, maju dan sejahtera.
Kegiatan ini
merupakan inisiatif dan langkah nyata BRI dalam memberikan pelayanan kesehatan
bagi masyarakat khususnya untuk kalangan lansia. Hal ini juga merupakan wujud
komitmen BRI dalam mengedepankan pelayanan kepada masyarakat yang tidak hanya
ditunjukkan melalui aktivitas bisnis perbankan saja, tetapi juga melalui
pelaksanaan tanggung jawab sosial kemasyarakatan.
“Dengan layanan
kesehatan gratis, masyarakat terdorong untuk memeriksakan kesehatan sedini
mungkin sehingga penyakit dapat dicegah dan ditangani sejak dini. Layanan ini
juga diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarkat khususnya untuk para
lansia”, ungkapnya.
Kegiatan ini
merupakan salah satu bentuk upaya terhadap pencapaian Sustainable Development
Goals (SDGs), khususnya SDGs 3 yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan yang baik.
Hal ini juga sebagai bentuk impelementasi dari penerapan poin ke-3 (tiga)
tentang isu kesehatan dalam Sustainability and Development Goal’s (SDGs)
yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua
orang di segala usia.
Sebelumnya pada
Oktober 2024, BRI telah melaksanakan kegiatan layanan kesehatan gratis bagi
masyarakat. Tercatat sebanyak 13.200 mendapatkan layanan kesehatan gratis yang
tersebar di 52 unit kerja BRI yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.