Breaking News :
KanalLogoLogo
Jumat, 30 Mei 2025

Ekbis

Jumlah Nasabah BTN Prospera Naik 170%, Dana Kelolaan Tembus Rp9,5 Triliun

Ima KarimahSelasa, 27 Mei 2025 06:00 WIB
Jumlah Nasabah BTN Prospera Naik 170%, Dana Kelolaan Tembus Rp9,5 Triliun

BTN Prospera dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah nasabah dan dana kelolaan.

ratecard

JAKARTA - Layanan BTN Prospera dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah nasabah dan dana kelolaan. Sejak diluncurkan pada Maret 2024, jumlah nasabah meningkat 170% hingga April 2025, dengan total dana kelolaan (asset under management/AUM) mencapai Rp9,5 triliun, naik 149% dibandingkan awal peluncuran.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu menyatakan pencapaian ini mencerminkan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap layanan BTN Prospera sebagai solusi keuangan premium yang relevan bagi segmen emerging affluent. “Kami membangun Prospera untuk mempererat koneksi dengan nasabah. Loyalitas tumbuh dari interaksi yang bermakna, bukan hanya layanan produk,” kata Nixon di Jakarta, Jumat (23/5).

BTN menargetkan pertumbuhan AUM sebesar 15% hingga akhir 2025. Saat ini, BTN Prospera berkontribusi sebesar 15% terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) BTN, dengan komposisi 56% tabungan dan 44% deposito. Segmen nasabah Prospera memiliki saldo rata-rata lebih tinggi dibanding nasabah reguler, sehingga menjadi sumber pendanaan jangka panjang yang stabil.

Sebagai bagian dari strategi memperkuat engagement, BTN Prospera secara rutin menggelar berbagai kegiatan eksklusif. Salah satunya adalah BTN Prospera Movie Night, yang telah diadakan tiga kali secara serentak di 8 kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, hingga Denpasar. Kegiatan ini dirancang sebagai kanal interaksi informal namun personal, sesuai gaya hidup nasabah.

BTN juga menggelar Prospera Business Gathering Jakarta II pada 4 April 2025 di Habitate, Oakwood Suites Kuningan, Jakarta. Acara tersebut menghadirkan Patrick Rimba, konsultan digital marketing, untuk membahas strategi pertumbuhan bisnis berbasis digital. Kegiatan ini sekaligus menjadi awal dari program Prospera Business Trip, yang tahun ini membawa nasabah ke Shenzhen, Tiongkok, mengunjungi pusat industri teknologi seperti BYD, Alibaba, dan ByteDance.

Tak hanya event, BTN Prospera juga memperkuat layanan melalui produk Kartu Debit BTN Prospera yang diluncurkan pada November 2024. Sejak peluncuran, transaksi kartu tumbuh rata-rata 141% per bulan, terutama di kategori gaya hidup dan travel. BTN juga menawarkan promo menarik seperti diskon hingga Rp300 ribu di Traveloka serta potongan harga 30% di restoran pilihan seperti Monsieur Spoon dan Paris Baguette.

“BTN Prospera adalah bentuk strategi kami untuk mengelola struktur pendanaan lebih efisien dan berkesinambungan, sekaligus memperkuat posisi BTN sebagai bank transaksional terpercaya,” pungkas Nixon.

Pilihan Untukmu