Breaking News :
KanalLogoLogo
Sabtu, 07 Juni 2025

Ekbis

Libur Idul Adha, KAI Daop 8 Layani 3.539 Penumpang di Stasiun Lamongan

Mita BerlianaKamis, 05 Juni 2025 22:59 WIB
Libur Idul Adha, KAI Daop 8 Layani 3.539 Penumpang di Stasiun Lamongan

Suasana penumpang kereta api di peron Stasiun Lamongan, Jawa Timur, saat masa libur Hari Raya Idul Adha 1446 Hijriah, Kamis (5/6/2025).

ratecard

Lamongan, Jawa Timur – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat peningkatan aktivitas penumpang di Stasiun Lamongan selama periode libur Hari Raya Idul Adha 1446 Hijriah. Total sebanyak 3.539 penumpang tercatat menggunakan layanan kereta api di stasiun ini untuk periode 5 hingga 9 Juni 2025.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, dalam keterangannya di Lamongan, Kamis (5/6/2025), merinci bahwa dari jumlah tersebut, 1.646 penumpang merupakan mereka yang berangkat (naik) dari Stasiun Lamongan.

Sementara itu, 1.893 penumpang tercatat turun atau tiba di stasiun yang sama. "Jumlah itu menunjukkan tingginya animo masyarakat Lamongan dalam menggunakan transportasi kereta api selama libur panjang Idul Adha,” ujar Luqman.

Hingga Kamis petang ini, Luqman menambahkan, jumlah penumpang yang telah dilayani di Stasiun Lamongan mencapai 1.140 orang. Angka ini terdiri dari 356 penumpang yang berangkat dan 784 penumpang yang datang. "Angka tersebut diperkirakan masih bertambah seiring keberangkatan kereta terakhir nanti malam," lanjutnya.

Untuk mengakomodasi mobilitas penumpang selama periode libur ini, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan total 20 perjalanan kereta api jarak jauh yang berhenti dan melayani penumpang di Stasiun Lamongan. Rinciannya terdiri dari 19 perjalanan KA reguler dan satu KA tambahan, dengan total kapasitas tempat duduk yang tersedia mencapai 9.944 kursi per hari.

Luqman menilai bahwa lonjakan jumlah penumpang ini juga menjadi indikator meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI yang terus mengalami perbaikan. “Kereta api tetap menjadi pilihan utama berkat kemudahan akses, ketepatan waktu, serta layanan yang semakin prima,” tambahnya.

Demi menjaga kelancaran dan kenyamanan seluruh penumpang, KAI Daop 8 Surabaya turut menyiagakan petugas tambahan serta mengoptimalkan berbagai fasilitas yang ada di stasiun selama masa liburan Idul Adha ini.

Pilihan Untukmu